RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK N 4 PALEMBANG
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
KELAS X SEMESTER GENAP
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi
Waktu : 8 x 45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep
operasi bilangan real
Kompetensi Dasar : 1.1 Menerapkan operasi bilangan real
Indikator
:
1.1.1
Dua atau lebih
bilangan bulat dioperasikan (dijumlahkan, dikurangkan, dikali,
dan dibagi) sesuai
dengan prosedur
1.1.2
Dua atau lebih
bilangan pecahan dioparasikan (dijumlahkan, dikurangkan, dikali, dan dibagi)
sesuai dengan prosedur
1.1.3
Bilangan pecahan
dikonversikan ke bentuk persen atau pecahan desimal sesuai prosedur
1.1.4
Konsep
perbandingan (senilai dan berbalik nilai) skala dan persen digunakan dalam
penyelesaian masalah program keahlian
I.
Tujuan Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan
1 :
·
Menjelaskan pengoperasian
dua atau lebih bilangan bulat
(dijumlahkan, dikurangkan, dikali, dan dibagi) sesuai dengan prosedur
·
Menjelaskan pengoperasian dua atau lebih bilangan pecahan
(dijumlahkan, dikurangkan, dikali, dan dibagi)
·
Menghitung
pengoperasian dua atau lebih bilangan bulat (dijumlahkan, dikurangkan, dikali,
dan dibagi) sesuai dengan prosedur
·
Menghitung
pengoperasian dua atau lebih bilangan pecahan (dijumlahkan, dikurangkan,
dikali, dan dibagi) sesuai dengan prosedur
Pertemuan
2 :
·
Menjelaskan
pengkonversian bilangan pecahan ke bentuk persen atau pecahan desimal konsep
perbandingan (senilai dan berbalik nilai) skala dan persen yang digunakan dalam
penyelesain masalah program keahlian
·
Menghitung
pengkonversian bilangan pecahan ke bentuk persen atau pecahan desimal sesuai
dengan prosedur
·
Menghitung
perbandingan (senilai dan berbalik nilai) skala dan persen yang digunakan dalam
penyelesain masalah program keahlian
II.
Materi Ajar
Pertemuan
1 :
A.
Sistem bilangan
real
1. Bilangan asli A
= { 1, 2, 3, 4,…}
2. Bilangan cacah C = 0, 1, 2, 3, 4,…}
3. Bilangan bulat B
= {…, -2,-1, 0, 1, 2, …}
4. Bilangan rasional
Q = { ׀ a, b B, dan b }
5. Bilangan irasional I = { x׀ x ( R Q )}
B.
Operasi pada bilangan bulat
1. Penjumlahan i.
Komutatif : a
+ b =
b + a
ii. Asosiatif : a
+ ( b + c
) =
( a + b )
+ c
iii.
Unsur identitas : a +
0 = 0 + a
= 0
2. Pengurangan i.
Non Komutatif : a
- b -a
ii. Non Asosiatif : a
- ( b - c
) ( a - b
) -
c
iii.
Non Identitas : a
- 0 0 -a
3. Perkalian i. Komutatif : a
x b =
b x a
ii. Asosiatif : a
x ( b x c
) =
( a x b )
x c
iii.
Distributif terhadap penjumlahan :
a x (b + c)
= (a x b) + (a x b)
iv. Unsur Identitas :
a x 1
= 1 x a
C. Operasi hitung bilangan pecahan
1. Penjumlahan + =
2. Pengurangan - =
3. Perkalian x =
4. Pembagian : = x
Pertemuan
2 :
A. Konversi bilangan
1.Mengubah pecahan ke desimal dan persen
Contoh: = 0,4 0,4 = 0,4 x
100% = 40%
2. Mengubah desimal ke pecahan dan
persen
Contoh : 0,2
= = 0,25 =
0,25 x 100%
= 25%
3. Mengubah persen ke pecahan dan
desimal
Contoh : 44%
= = 44% = = 0,44
B. Perbandingan dan skala
1. Perbandingan senilai à =
2. Perbandingan berbalik nilai à =
3. Skala à 1 : 200.000 artinya setiap 1 cm mewakili 200.000 cm pada
jarak sebenarnya.
III. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Penugasan
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 :
·
Kegiatan awal
Melakukan tanya jawab tentang himpunan
bilangan yang diketahui siswa dari pelajaran terdahulu di SMP
·
Kegiatan Inti
·
Membedakan macam
- macam bilangan real
·
Menghitung
operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur
·
Menghitung
operasi atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur
·
Kegiatan akhir
·
Menyimpulkan
materi operasi bilangan real
·
Memberikan tugas
berupa soal – soal latihan materi operasi bilangan real
·
Kegiatan awal
Melakukan tanya jawab tentang materi
terdahulu (operasi bilangan real) kepada siswa untuk menjembatani daya ingat
siswa
·
Kegiatan Inti
·
Melakukan
konversi pecahan ke bentuk persen, pecahan decimal, atau persen dan sebaliknnya
·
Menjelaskan
perbandinngan (senilai dan berbalik nilai) skala dan persen
·
Menghitung
perbandingan (senilai dan berbalik nilai) skala dan persen
·
Menyelesaikan
masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan real
·
Kegiatan Akhir
·
Menyimpulkan
materi perbandingan serta keterkaitannya pada program keahlian
·
Memberikan tugas
berupa soal – soal latihan materi perbandingan (senilai dan berbalik nilai)
skala dan persen, serta masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi
bilangan real
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Alat :
Peralatan
tulis, dan alat ukur
Bahan :
Peta, bahan tayangan
Sumber belajar :
Modul Bilangan Real, Lembar Kerja Siswa, Reverensi lain yang
relevan
VI.
Penilaian
·
Tes teori (tertulis) bentuk essay (terlampir)
·
Pemberian tugas
berupa pekerjaan rumah (PR)
Mengetahui Menyetujui Palembang, Juli
2011
Wakil
Bidang Kurikulum Koord. Kurikulum / Ka.Prog Guru Mata Pelajaran
H.
Heri Tavip Rianto, ST Ahmad Sukri, S. Pd Yuliana, S. Pd
NIP.
196508011987031007 NIP.
197007211994121002 NIP. 197410282006042011